oleh

Walikota Sungai Penuh Sampaikan LKPJ Akhir Tahun 2017

banner 728x90

Ket Gambar : Penyampaian LKPJ Walikota Sungai Penuh Akhir Tahun Selasa 27/03/2018

KOSUPEN | wartaposgroup.co.id – penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2014 agar segera dipersiapkan dan dilakukan dengan cermat.

Disamping itu, LKPJ juga menjadi sarana untuk mengimplementasikan azas transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta berfungsi sebagai sarana pengawasan bagi DPRD terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Sungai Penuh Prov. Jambi akhir tahun anggaran 2017, Selasa (27/03/2018).

Penyampaian LKPJ digelar dalam sidang paripurna DPRD kota Sungai Penuh yang dipimpin wakil Ketua DPRD, Satmarlendan. Dalam pidato wakil ketua DPRD Kota sunagi Penuh, memaparkan tentang pembangunan serta prestasi yang berhasil diraih sepanjang Tahun 2017 lalu.

Walikota Sungai penuh AJB, turut mengungkapkan kinerja pengelolaan pendapatan daerah serta kinerja pengelolaan belanja daerah. Disebutkan Walikota, keseluruhan pendapatan daerah Kota Sungai Penuh Tahun 2017, yang ditargetkan sebesar Rp.705,44 M, terealisasi sebesar Rp.686,30 M.

Dengan itu, terkait kinerja pengelolaan belanja daerah, jelas Walikota, berdasarkan pada pendekatan kinerja, yaitu anggaran yang mengutamakan upaya pencapaian hasil kegiatan (output) dari rencana alokasi biaya (input) di tetapkan dengan memperhatikan kondisi semua komponen keuangan. Pada posisi belanja, terang waliktao, dianggarkan sebesar Rp 759,23 M dengan realisasi sebesar Rp 687, 45 M.

“LKPJ yang saya sampaikan ini merupakan pertanggungjawaban tahun pertama dari pelaksanaan RPJMD Kota Sungai penuh tahun 2016 – 2021, karena itu, kami merasa bahwa LKPJ yang disampaikan ini memiliki makna yang sangat strategis,” jelas walikota dalam sidang paripurna tersebut.

Lanjut walikota, diharapkan hal ini dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh perangkat daerah selama tahun 2017 secara transparan. “Yang sangat penting dari sebuah pemerintahan adalah komitmen untuk melayani,” ujar Wako. (joko/hms)

 

 

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini