oleh

Wako AJB Hadiri Rakor Kearsipan Tingkat Provinsi Jambi

banner 728x90

Arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah melainkan juga bagian yang tak terpisahkan dari manajemen organisasi.” Ungkap wako Asyafri Jaya Bakrie

SUNGAIPENUH – Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) menghadiri acara Rapat Koordinasi Program/Kegiatan Kearsipan Se Provinsi Jambi di Kota Sungai Penuh, Selasa (20/03).

Acara yang bertempat di Aula Hotel Kerinci tersebut dibuka oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. H M Dianto M.Si.

Turut hadir Sekretaris Utama Arsip Nasional RI Drs Sumrahyadi Mi Ms, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip se – Provinsi Jambi serta tamu undangan lainnya.

Wako AJB dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah melainkan juga bagian yang tak terpisahkan dari manajemen organisasi.

Kompetensi arsip di Indonesia lanjut Wako, baru dikembangkan pada tahun 1990, beda dengan di luar negeri yang mempunyai lembaga arsip secara independen.

“Seperti Amerika yang mempunyai (National Archives and Records Administration, disingkat NARA) merupakan badan independen pemerintah Amerika Serikat sejak 1 April 1985 dimana pengelola arsip bekerja secara profesional dalam melakukan pengawetan, penyimpanan arsip serta dokumen bersejarah agar dapat diakses masyarakat serta pejabat pemerintah AS,”sebutnya

Maka dari itu Sambung Wako, seluruh komponen bangsa mulai dari unsur birokrasi, organisasi politik, ormas serta masyarakat luas dapat menghargai dan memperhatikan bidang kearsipan yang selama ini di pandang sebelah mata.

“Melalui rakor kearsipan ini semoga dapat menghasilkan sebuah rekomendasi kearsipan ke sistim digital yang lebih cangih lagi,”ungkap Walikota dua periode itu.

Sementara itu Sekretaris Daerah Drs H M Dianto M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Jambi menyampaikan hal yang sama, bahwa melalui rakor tahun 2018 ini dapat memperoleh rumusan dan kebijakan strategis dalam program kearsipan.

“Saya berharap seluruh peserta dapat benar benar berdidikasi dan tanggungjawab terhadap pengembangan, kemajuan kearsipan didaerahnya masing masing serta menjadi tonggak terbitnya kearsipan yang efektif dan efesien sehingga dapat lebih mudah di akses oleh masyarakat.”sebutnya. (Humas/cdr)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini