oleh

TINDAK TEGAS PELAKU GALIAN C ILEGAL BUKA TUTUP

banner 728x90

“Proses mediasi di sebut sebut bahwa pemilik galian C tersebut adalah CV. Jeki Utama Mandiri di sinyalir dugaan bekerja sama dengan  pengusaha asal kota sungai penuh pemilik alat berat ”

SUNGAI PENUH l wartaposgroup.co.id –Setelah beberapa kali di demo dan di tutup buka operasi galian C di daerah sungai akar desa pelayang raya kecamatan sungai bungkal kota sungai penuh provinsi Jambi. Ternyata, kembali coba coba beroperasi kembali.

Coba – coba beroperasi lagi kegiatan galian C Ilegal berlokasi di sungai akar desa pelayang Kecamatan Sungai Bungkal kembali di demo warga dan menyurati Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jambi. Surat pernyataan keberatan masyarakat di tembuskan ke polres Kerinci.

Selasa (19/12) polres Kerinci mengikuti pertemuan mediasi dengan masyarakat Sungai Akar yang dihadiri oleh Kasat Binmas IPTU Khairusmen dan Kapolsek Sungai Penuh IPTU Yudi Stira.   masyarakat sungai akar dihadiri dari sejumlah tokoh masyarakat dan kades pelayang raya bertempat di kantor desa pelayang raya.

Salah satu tokoh masyarakat kherizal mengatakan “ kami sangat keberatan dengan adanya galian C yang di sungai akar karena menyebabkan ketidaknyamanan banyaknya mobil damtruck yang lalu lalang membuat gemetar kok belum juga diatasi dan kami minta pak kapolsek ikut kelapangan, ditambah lagi memasuki musim hujan terjadi banjir karena banyaknya jalan dan drainase yang rusak akibat aktivitas galian C tersebut, dengan bersedianya polres kerinci menutup galian C tersebut kami mengucapkan terima kasih” ucap kherizal.

Sementara itu salah satu masyarakat juga menyampaikan ketidak puasannya terhadap pelaku dan peraturan yang tidak tegas dalam menindak pengusaha galian C Ilegal ini “ saya sangat bingung, kemaren sudah beberapa kali di tutup lalu di buka lagi, di tutup lagi sekarang sudah coba coba buka lagi, apa peraturan tidak punya sanksi tegas, atau oknum nya yang bermain, dengan modus menunggu masyarakat bosan dan membiarkan kegiatan galian C beroperasi lagi” ungkapnya sinis.

Terkait hal tersebut, Kapolsek Sungai Penuh IPTU Yudi Stira di konfirmasi mengatakan “ kita akan turun lansung kelapangan kita akan tutup sementara ” ujar Kapolsek.

Kasat Binmas IPTU Khairusmen didampingi Kapolsek Sungai Penuh IPTU Yudi stira beserta kades Pelayang Raya H. Adnan Ahmad langsung menuju lokasi galian.

Ketua Umum LSM GERAM terkait kembalinya, beroperasi lagi kegiatan Galian C di sungai akar itu adalah akibat tidak tegasnya peraturan aturan yang di mainkan “ Di pantau dari kegiatan operasi galian C di sungai akar desa pelayang raya kecamatan sungai bungkal, tidak layak di teruskankan atau pun di keluarkan izin, toh kegiatan itu memang sudah menganggu warga dan ekosistim, debu bertebarab, jalan jalan jadi kotor akibat tanah yang berceceran, jalan jalan rusak, akibat mobil mobil truck lalu lalang, pemerintahan setempat agar menindak tegas pelaku jangan bertele tele buka ya buka kalau tutup ya tutup.” Jelasnya tegas. ( Ch )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed