oleh

Soal Orientasi CPNS Kemenkumham, Ini Yang Di Katakan Serka Sunardi

ROKAN HULU, wartaposgroup – Sehubungan dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementrian Hukum dan Ham, Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Pasir Pengaraian Kab. Rohul meminta kepada Danramil 02 Rambah menjadi Narasumber dalam memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang akan diberikan kepada peserta Orientasi CPNS Kemenkumham.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Aula Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Pasir Pangaraian Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu diikuti sebanyak 48 calon CPNS yang terdiiri dari 45 pria dan 3 wanita.

Komandan Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kapten Infanteri (Inf) Syahril yang diwakili Babinsa Koramil 02 Rambah Serka Sunardi dalam memberikan materi, menghimbau kepada peserta harus memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi.

“Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara sangatlah penting dalam menghadapi permasalahan, mulai dari terorisme, radikalisme, separatisme, kemiskinan, konflik horizontal”, ungkap Serka Sunardi dalam memberikan materi yang didampingi Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery. Samosir, Selasa (06/02/2018).

Lebih lanjut Serka Sunardi menyampaikan, bahwa kita harus mampu melahirkan lebih dari satu sosok generasi yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan. Namun, memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat serta dapat dikemas dalam kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi dari setiap individu.

“Kita harus lebih mempunyai semangat, serta rasa membangun bangsa sebagai generasi penerus yang memiliki karakter didalam menjalankan seluruh kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, tegas Sunardi.

Dapat diketahui, Wawasan kebangsaan sebagai bangsa Indonesia didalam memandang diri dan lingkungan mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.

“Dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan Poleksosbud dan Hankam” imbuhnya.

Masih di tempat yang sama,Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian melalui Kasub Registrasi Dan Bimkemas Suharno mengharapkan para peserta, agar dapat fokus dan bisa menanamkan rasa Nasionalisme sebagai pelaksana yang ajan menjalankan UUD.

“Anda sekarang sudah menjadi pelayan masyarakat, tidak seperti dulu lagi. Maka sebab itu mari tunjukkan berperilaku yang baik kepada masyarakat”, kata Suharno.

“Saya atas nama pribadi, mengucapkan selamat datang dan bertugas di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Pasir Pengaraian. Jadikan semangat dalam melaksanakan tugas dan kebanggaan bagi kedua orang tua kita”, tutup Suharno

Sementara itu, Eferen (27) peserta orientasi yang berasal dari Kota Pekan Baru. Sangat senang karena telah menerima materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang telah diterima.

“Saya merasa bangga, setelah menerima materi wawasan kebangsaan dan bela Negara, hal ini semakin membuat saya semakin cinta kepada tanah air”, beber Eferen.

“NKRI itu sudah menjadi bagian dari kita”, tutupnya.(ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini