oleh

Saksi Parpol: Diduga Bawaslu Tebang Pilih Mengeluarkan Rekomendasi Pembukaan C1 Hologram

banner 728x90

Ket foto: dari kiri ketua bawaslu Nisel Suazisiwa Duha, kanan saksi parpol PKB

NISEL, (SUMUT) – Rapat Pleno Rekapitulasi hasil perolehan suara setiap parpol di tingkat KPUD Nias Selatan, diwarnai protes dari berbagai saksi partai politik. Salah satu contoh saat di bacakan oleh pihak PPK Kecamatan Simuk, berlangsung di Aula hall defnas telukdalam sabtu 04/05/2019.

“Salah satu Saksi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga sebagai Caleg DPRD Provinsi Dapil 8 Sumut Suazisiwa Duha kepada sejumlah wartawan, Sabtu, 4/5/2019 malam mengatakan bahwa rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu Nisel untuk pembukaan C1 berhologram Kecamatan Ulunoyo, tebang Pilih.

Pasalnya, saat dia dan para saksi dari Partai lain, meminta agar Bawaslu Nisel mengeluarkan rekomendasi pembukaan kotak suara dan C1 berhologram Pemilu 2019 di beberapa Kecamatan. beralasan keabsahan perolehan suara diragukan yang di bacakan PPK, namun pihak Bawaslu Nisel tidak mengeluarkan rekomendasi.

“Yang menjadi pertanyaan kami sebagai saksi kepada Bawaslu Nisel, mengapa semua permintaan kami tidak digubris untuk membuka kotak suara dan C1 berhologram dimana mulai dari rekapitulasi Kecamatan PP Batu Timur dan PP Batu Utara, Kita sudah meminta Bawaslu Nisel untuk membuka kotak suara dan C1 berhologram karena keabsahan perolehan suara Pemilu di beberapa Kecamatan tersebut diragukan. namun pada kenyataannya,  hal itu tidak digubris oleh pihak Bawaslu Nisel,”tandasnya Suazisiwa

Lalu anehnya lagi, kata dia, justru Bawaslu Nisel pada hari ini Sabtu tanggal 4 Mei 2019 telah mengeluarkan rekomendasi pembukaan C1 berhologram untuk Kecamatan Ulunoyo.

“Jadi kita heran dengan pihak Bawaslu Nisel, motivasi atau alasan apa kok secepat itu mengeluarkan rekomendasi untuk membuka C1 berhologram Kecamatan Ulunoyo.,”seakan bertanya. sama seperti tadi saat kita mengikuti pleno untuk Kecamatan Tanahmasa dimana di awal pembukaan rekapitulasi, kami menyampaikan bahwa keabsahan Pemilihan di Tanahmasa diragukan, karena pada saat pemilihan hanya satu orang Panwas Kecamatan yang seharusnya 3 orang tiap Kecamatan.

Kemudian, saat itu kita minta pihak Bawaslu untuk membuka kotak suara namun kenyataannya, Bawaslu tidak mengeluarkan rekomendasi. Jadi untuk itu, Kita sangat meragukan hasil Pemilu pada tanggal 17 April tersebut.,”saya merasa heran.

Terkait  keluarnya rekomendasi Bawaslu Nisel untuk  pembukaan C1 berhologram Kecamatan Ulunoyo, kata dia, sepertinya ada indikasi kepentingan yang terselubung sehingga sangat merugikan mereka sebagai peserta Pemilu.,”ujarnya  suazisiwa.

Menurut Ketua Bawaslu Nisel Pilipus Sarumaha, S.Pd.,MS. “Sesuai isi dalam surat rekomendasi Bawaslu Nisel tanggal 04/05/2019. Dasar hukum, UU Nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilihan Umum dan UU badan Pengawas pemilu (Bawaslu)Nomor 21 tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggara Pemilihan Umum.

Berdasarkan hasil Pengawasan Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, dalam proses Rekapitulasi hasil perhitungan, perolehan suara di Kecamatan ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. di temukan ketidak sesuaian hasil Rekapitulasi perolehan suara di tingkat Kecamatan, dengan data C1 di TPS Se-Kecamatan ulunoyo.

Lanjutnya isi surat rekondasi Bawaslu tersebut., Berdasarkan uraian di atas dengan ini. Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, merekomendasikan, kepada KPU Kabupaten Nias Selatan. Untuk: a. Membuka C1 hologram untuk kategori, DPR RI,  DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, yang ada yang ada di kotak suara masing-masing TPS Se-Kecamatan ulunoyo.

Dalam bagian b. Agar perolehan suara di C1 berhologram untuk kategori, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, di TPS Se-Kecamatan ulunoyo, di tuangkan dalam DA1 Plano, untuk kategori DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. tingkat Kecamatan ulunoyo. surat rekomendasi tersebut, langsung di tanda tangani oleh ketua Bawaulu Nias Selatan. Nomor: 200/Bawaslu-Prov. SU-14/pm.00:02/V/2019.

Pantau sejumlah media di Aula Hall Defnas, “Sejumlah Saksi Partai Politik dan Calon Legislatif di Kabupaten Nias Selatan menilai bahwa Bawaslu Nias Selatan tebang pilih dalam membuka c1 hologram. (suasana.H)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini