oleh

Peringatan Hari Lahir Pancasila Kalimantan Tengah Dilaksanakan Di Tugu Soekarno

banner 728x90

wartaposgroup.co.id | Palangka Raya – Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Provinsi Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Anang Revandoko sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan hari lahir Pancasila di Tugu Soekarno Jalan S.Parman Kota Palangka Raya, Sabtu (01/06/2019) pukul 08.00 WIB.

Bersama para tokoh, personil kepolisian dan tentara serta ASN, Wakapolda Kalteng Brigjen Rikwanto, Komandan Korem 102/Panju Panjung Kol.Arm Syaiful Rizal, Wakil DPRD Kalteng H.Abdul Razak, Kajati, Kepala Pengadilan Provinsi Kalimantan Tengah, serta unsur elemen dari masyarakat.

Dalam sambutannya Kapolda Kalteng, membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa, dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Dikatakan, keberagaman ras, etnis, agama dan kepercayaan serta budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak zaman pra aksara hingga saat ini. Hal itu menandakan Indonesia sejak dahulu telah hidup dalam keberagaman”, tuturnya.

Untuk itu, keberadaan Pancasila sebagai dasar negara atau ideologi, dan pandangan hidup bangsa yang digaruhi oleh para pendiri bangsa, merupakan anugrah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Indonesia.

“Harus diakui, kita sebagai Bangsa Indonesia, belum berhasil merealisasikan secara sempurna nilai-nilai pancasila. Namun, eksistensi Indonesia sebagai bangsa maupun negara, tetap bertahan hingga kini berkat Pancasila,”.

Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menurus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seluruh rakyat Indonesia harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” demikian kata Anang.

Usai membacakan amanat Kepala BPIP, Kapolda Kalteng bersama Danrem 102 Panju Panjung, Kejaksaan, Wakil Ketua DPRD Kalteng serta Pejabat di lingkungan Pemprov Kalteng menyerahkan penghargaan kepada orang-orang yang berprestasi serta pegiat keagamaan di semua agama. (asrori)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini