oleh

Pengguna Dan Pedagang Knalpot Racing Siap Siap, Ini Yang Dilakukan Satlantas Polres Pringsewu

-PRINGSEWU-437 views

Pringsewu – Knalpot racing bisa membuat kendaraan roda dua maupun roda empat bisa menjadi lebih gagah dalam penampilan maupun suaranya. Sabtu (15/02/20).

Nah, masalahnya belum semua orang tahu ada konsekuensi kalau mengganti knalpot standar bawaan pabrik bisa kena tilang di jalan.

Dasar hukumnya ada pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 285 disebutkan knalpot laik jalan merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan dikemudikan di jalan.

Bunyi pasal 285 Ayat (1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Karena itu, bersiap siaplah bagi kendaraan yang memakai knalpot bukan standarnya dalam waktu dekat Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan razia knalpot atau penindakan knalpot yang bukan standar.

Seperti disampaikan Iptu. Martoyo Kasatlantas Polres Pringsewu, dari Satlantas akan melakukan sosialisasi dikomunitas komunitas dan pedagangnya juga.

” Kita akan sosialisasikan bagi pengguna kanlpot racing, tempat tempat penjualannya juga akan disosialisasikan untuk tidak menjual knalpot racing, ” tukasnya.

Ditambahkannya juga, untuk anak anak komunitas yang nongkrong di pringsewu akan dilakukan sosialisasi, ditegur dulu, kalau sekali dua kali ditegur tidak dihiraukan baru akan dilakukan penindakan sesuai undang undang.(N)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini