oleh

Pemkab Muara Enim Gelar Rapat Pengadaan Tanah Jalan Tol

MUARAENIM | wartaposgroup.co.id –
Pemkab Muara Enim menggelar rapat persiapan pengadaan tanah untuk pembangunan proyek strategi nasional Jalan Tol Simpang lndralaya-Muara Enim tahap 3, rapat dilakukan melalui video conference, bertempat di ruang rapat Bupati MuaraEnim dihadiri oleh segenap unsur SKPD terkait yaitu Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman , Rabu (29/4/2020).

Dalam rapat ini diketahui pelaksanaan persiapan pengadaan tanah dilakukan secara mutatis mutandis sesuai ketentuan Pasal 8 – Pasal 46 Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Dalam rapat tersebut, Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH, melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, HM.Teguh Jaya menyampaikan, Tim Persiapan Pengadaan Tanah mempunyai tujuan untuk Pembangunan dan demi Kepentingan Umum, antara lain mempunyai tugas melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan, melakukan pendataan awal lokasl rencana pembangunan, melaksanakan konsultasi publik rencana pembangunan, menyiapkan penetapan lokasi pembangunan, mengumumkan Penetapan Lokasi pembangunan untuk kepentingan umum, dan melaksanakan tugas lain yang terkait persiapan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Berdasarkan Dokumen Perencanaan yang di sampaikan oleh inistansi yang memerlukan tanah (Kementerian PUPR) bahwa lokasi yang terkena trase Jalan Tol Simpang Indralaya Muara EnIm Tahap 3 adalah Kecamatan Rambang yaitu di Desa Sugihwaras, Desa Sugihwaras Barat 3. Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Rambang Niru yaitu di Desa Jemenang, Desa Gemawang 3, Desa Aur Duri.,” Terangnya.

Selain itu lokasi yang terkena trase jalan tol ini adalah Kecamatan Gunung Megang yaitu Desa Bangun Sari, Kecamatan Muara Enim Desa Harapan Jaya 2, Desa Muara Harapan 3. Desa Tanjung Serian 4 dan Desa Kepur.

“BUMD/BUMD dan Perusahaan Swasta Iainnya yang diperkirakan terkena trase jalan Tol Simpang Indralaya Muara Enim Tahap 3, meliputi PT. Perkebunan Nusantara Vll (PTPN VII). PT. Musi Hutan Persada (PT. MHP), PT. Medco E&P Lematang, PT. Pertamina,” jelasnya.

Kemudian HM.Teguh menegaskan, segala biaya yang ditimbulkan akibat kegiatan persiapan pengadaan tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya Muara Enim dibebankan pada APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan dan Fasilitas Jalan Daerah Satuan Kerja Inventarisasi dan Pengadaan Lahan.

Agenda Rapat hari ini membahas Ekspose dan Paparan rencana Jalan Tol Simpang llndralaya Muara Enim Tahap 3 oleh Instansi yang memerlukan tanah (Kementerian PUPR) dan PT. Hutama Karya, di rapat ini juga saran dan masukan para peserta rapat yang terdiri dari SKPD dan Forkopimda terkait juga di dengarkan.

Dari rapat ini diketahui Ds.Tanjung Serian, Lokasi Akses Interchange Tol Simpang Indralaya – Muara Enim, direncanakan pada awal Juni 2020 ini telah rampung penetapan lokasi tahap III untuk trase Prabumulih – Muara Enim.

Penentuan lokasi ini dalam arti trase sudah bisa dibebaskan, dengan kata lain sudah tercapai kesepakatan semua pihak dan ada penandatanganan dokumen resmi. Untuk tahap I dan tahap II dari Simpang Indralaya – Prabumulih sudah dalam proses konstruksi.

Berdasarkan paparan dari General Manager Wilayah I PT. Hutama Karya, Sarjono melalui konfrensi video menjelaskan bahwa trase Prabumulih – Muara Enim sepanjang 54,5 Km ini akan melintasi 4 kecamatan di wilayah Muara Enim, yaitu Rambang, Rambang Niru, Gunung Megang dan Muara Enim dengan lokasi simpang susun (interchange) pintu akses keluar masuk Kota Muara Enim berada di Desa Tanjung Serian, Kecamatan Muara Enim.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol dari Kementerian PUPR, Rasiman, S.T. M.T menyampaikan secara umum proses pembebasan lahan tidak ada kendala. Pihaknya terus mengupayakan agar sesuai target sehingga proses pengerjaan konstruksi tahap III dapat segera dilaksanakan pada bulan Mei. Direncanakan proyek tol Simpang Indralaya – Muara Enim sepanjang 126 Km ini selesai pada Oktober 2021″ Ujarnya (Indra).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

Berita Terkini