oleh

Pelaku Hate Speech Di Amankan Siber Bareskrim Polri

banner 728x90

“Siber Bareskrim Polri berhasil mengamankan Pelaku Penyebaran Hate Speech”

Jakarta, wartaposgroup.co.id||Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Rabu, (14/02/2018) telah melakukan penangkapan terhadap pelaku penyebaran hate speech berupa Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik yang didalamnya terdapat Tokoh Ulama Buya Syafii dan  Polri serta memposting gambar memegang senjata laras panjang melalui media sosial facebook.

Direktur Tindak Pidana Pidana SIBER BARESKRIM POLRI BRIGJEN POL DR. Fadil Imran, M.Si.mengatakan bahwa pelaku ditangkap terkait  postingan Facebook milik pelaku dengan akun “Asyhadu Amrin”. Yang diduga dengan sengaja memposting gambar dan tulisan dengan konten yang memuat hate speech kepada penguasa atau badan umum, yang didalamnya terdapat penghinaan kepada Tokoh Ulama Buya Syafii, POLRI dan banyaknya komplain dari netizen yang mana dapat mengakibatkan permusuhan, serta memposting gambar memegang senjata laras panjang yang diposting melalui akun FB milik pelaku.

Motif pelaku Menyebarkan Konten hate speech dengan alasan spontanitas atas ungkapan rasa kecewa terhadap Tokoh Ulama Buya Syafii dan Polri.

Dari tangan pelaku barang bukti yang berhasil disita
1 (satu) unit handphone Xiaomi Redmi3S beserta sim card
1 (satu) buah Banner bertuliskan posko Peduli Kemanusiaan “MILITAN KEADILAN”
1 (satu) buah Bendera Forum Umat Islam
1 (satu) buah Jaket MILITAN KEADILAN
Akun facebook dengan nama “Asyhadu Amrin”

Atas perbuatan pelaku, pelaku dikenakan Pasal 45 ayat (3) Jo pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan atau pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP dan atau Pasal 207 KUHP. (Zulfan/Bern)
Sumber: Press Release Siber Bareskrim Polri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed