oleh

Kunjungi Polres Palangka Raya Wakapolda Ajak Serius Tangani Karhutla

wartaposgroup.co.id | Palangka Raya – Semakin bertambah pekatnya asap belakangan ini membuat banyak kalangan prihatin. Saat ini pemerintah Kota telah menetapkan siaga bencana asap akibat pembakaran lahan yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya.

Untuk melihat kesiapan dan mengetahui langkah yang telah di lakukan oleh Polres Palangka Raya pada hari Selasa (30/07/2019) sekitar pukul 08.30 WIB Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.M melakukan kunjungan ke Mapolres Palangka Raya.

Didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Kalteng Wakapolda di sambut oleh Wakapolres Palangka Raya Kompol Arman Muis, S.H., S.I.K. M.H. beserta pejabat utama Polres Palangka Raya.

Saat memberikan arahan di hadapan personel di Aula Wirapratama Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum mengajak seluruh pemangku kebijakan di Polres Palangka Raya beserta personel untuk melakukan segala upaya untuk mencegah kebakaran lahan semakin meluas dan tidak terkendali.

“Lakukan tindakan preventif dengan melibatkan seluruh elemen pemerintahan serta masyarakat dengan selalu meningkatkan koordinasi agar dalam upaya pencegahan terhadap pembakaran lahan bisa lebih efektif. Namun bila telah terjadi pembakaran lahan selain segera melakukan pemadaman titik api agar tidak terus meluas juga lakukan upaya represif dengan penegakan hukum agar ada efek jera,” Kata Brigjen Rikwanto.

Rikwanto juga menambahkan agar dalam penanganan kebakaran lahan selalu mempertimbangkan jumlah orang yang akan dikerahkan untuk melakukan pemadaman, biaya yang harus disiapkan, alat sarana dan prasarana serta metode apa yang digunakan untuk melakukan pemadaman gunakan (men, money, material dan metode) agar dalam pelaksanaan lebih efektif.

Wakapolda juga memerintahkan jajaran agar segera memetakan wilayah rawan kebakaran di Kota Palangka Raya, mendata lokasi sumur bor yang ada dan berkoodinasi untuk pengadaan sumur bor di daerah rawan pembakaran lahan.

Lebih lanjut Brigjen Rikwanto menekankan pentingnya penegakan hukum dalam penanganan kebakaran lahan. “Lakukan penyelidikan dan penyidikan apabila terjadi titik api baru. Lakukan koordinasi baik dengan Kejaksaan, Badan Pertanahan, Lurah, RT dan masyarakat di sekitar lokasi titik api agar dalam penanganan perkara kebakaran lahan transparan, efektif dan memberi efek jera.”

Di akhir arahannya Wakapolda menambahkan bahwa Polri bukan hanya sebuah pekerjaan namun juga ladang pengabdian bagi kita.
(asrori)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini