oleh

KEJAKSAAN NEGERI GUNUNG SITOLI DIMINTA TINGKATKAN SIDIK KASUS RAL.

-Featured-89 views
banner 728x90

Wartaposgroup, Nias – Gunung Sitoli, Jumat(15/12/2017) Dihalaman kantor kejaksaan Negeri Gunung Sitoli Aliansi Garda Pas bersama aktivis bersama dari berbagai elemen ormas, lsm dan pers mengadakan unjuk rasa sebagai bukti kepedulian terhadap penuntasan Korupsi Nias

Dari aliansi pemuda peduli tuntaskan korupsi kasus RAL aliansi GARDA PAS ( Aliansi Gerakan Pemuda Peduli Supremasi Hukum Kepulauan Nias menjadi garda kedepan menyuarakan aspirasinya dikejaksaan Negeri, untuk menyemangati dan mengawal kasus ini agar terang benderang, tanpa tebang pilih.

Pimpinan Aksi Soziduhu Gulo bersama Budiyarman Lahagu beserta korlap Frengki Ndruru menyuarakan dalam orasinya Tuntutan Garda Pas adalah “Dengan sudah ditetapkannya Binahati B Baeha dan proses persidangan di pengadilan Tipikor Medan Sumut dan harus ditetapkan tersangka-tersangka baru dimana diduga melibatkan M.Ingati Nazara pada kasus dugaan Korupsi Penyertaan Modal kepada PT.Riau Air Lines dalam KUA/PPAS(kebijakan umum anggaran / prioritas plafon anggaran sementara) perubahan APBD 2007 dalam jabatannya sebagai ketua badan anggaran.

Lanjut, Garda Pas diwakili Orator Edward Lahagu, menyatakan dalam orasinya, meminta kejaksaan Negeri Gunungsitoli dan para penyidik serius untuk menetapkan tersangka baru yakni M.Ingati Nazara sebagai ketua DPRD 2004-2009 dan pimpinan PT.Riau Air lines dan siapapun yang tersangkut diduga korupsi dalam kasus PT.RAL ini.

Tim mediator dari kejaksaan dan pihak keamanan dari polres Nias menerima baik pendemo dan perwakilan pendemo memasuki ruang aula kejaksaan dan disambut baik oleh KASIPIDSUS kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Lanjut, Pimpinan Aksi menyuarakan aspirai Garda Pas di ruangan aula kejaksaan dan menyerahkan secara resmi Pernyataan Sikap Garda Pas kepulauan Nias bersama berbagai elemen organisasi pengiat anti korusi.

Sementara itu, KASIPIDSUS Bapak Yus Iman Harefa dan Bapak A.ZAI menjelaskan kepada pengunjuk rasa.bahwa pihak kejaksaan mengapresiasi peran serta pemuda peduli Garda Pas mengawal kasus RAL ini, tutur Yus Iman.

Ditambahkan bahwa pihak kejaksaan tidak bisa mengintervensi penyidik, dan kejaksaan sudah bekerja menegakkan hukum tentang kasus RAL dan sudah ditetapkan 1 orang tersangka dan telah ditahan kejaksaan dan sekarang dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Sumatera Utara , dan akan bekerja terus dan melakukan penyidikan terang benderang tanpa tebang pilih. Terkait sidang dipengadilan tipikor SUMUT sudah 12 orang dipanggil saksi dan kejaksaan akan memberitahu kepada perwakilan Garda Pas tentang nama-nama saksi terperiksa dalam kasus RAL ini.
Diruang kerjanya sejumlah pendemo mendengar penjelasan pihak kejaksaan bahwa inisial saksi adalan MIZ, BZ, dll.

Garda Pas dan pengunjuk rasa dari berbagai aktivis Nias, setelah dari kejaksaan membubarkan diri dan menyatakan akan mengawal kasus ini himgga kasus ini terang benderang, penyiduknya provesuonal, akuntabel, transparansi dan tidak tebang pilih, tegas kata ketua DPC LSM GEMPITA KOTA GUNUNGSITOLI yang turut hadir dalam unjuk rasa ini.( Suar NW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed