oleh

Kades Koto Lanang Di Duga Sunat Honorarium Pengurus Lembaga

banner 728x90
Foto Kades Koto Lanang Agusman Toni dan RAB 2017 Desa Koto Lanang

KERINCI, wartaposgroup – Kepala Desa Koto Lanang Kec Depati Tujuh Kab Kerinci di duga sunat Honorarium/Insentif pengurus lembaga dengan alasan untuk bayar pajak.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Koto Lanang yang enggan di tuliskan namanya membenarkan adanya pemotongan gaji atau honorarium pengurus lembaga yang di lakukan Agusman Toni Kades Koto Lanang beberapa waktu yang lalu.

“iya, hal ini saya dengar langsung dari ketua BPD Koto Lanang beberapa hari yang lalu, ketua BPD Menuturkan kepada saya bahwa KAUR pembangunan dan KAUR Kemasyarakatan mengeluh dengan adanya pemotongan honorarium mereka oleh Kades dengan alasan untuk bayar pajak”.

Inilah rincian anggaran belanja Honorarium/Insentif Pengurus Lembaga berdasarkan RAB tahun 2017 di ambil dari ADD yang seharusnya di terima oleh pengurus lembaga Desa Koto Lanang
1. Ketua Rp. 900.000 per Tahun
2. wakil Ketua Rp. 720.000
3. Sekretaris Rp. 600.000
4. Bendahara Rp. 600.000

Namun Kades Koto Lanang hanya memberikan 50% saja honorarium pengurus lembaga selama 1 tahun. Untuk ketua pengurus lembaga hanya menerima honorarium Rp. 450.000, wakil ketua Rp. 360.000, Sekretaris Rp. 300.000 dan bendahara Rp. 300.000.

Adanya pemotongan honorarium pengurus lembaga juga di keluhkan oleh KAUR pembangunan dan KAUR kemasyarakatan, mereka juga merasakan hal yang sama seperti yang di rasakan oleh pengurus lembaga dengan alasan untuk bayar pajak.

Meskipun dalam pencairan honorarium pemdes di cantumkan pajak, namun tidak semestinya Kepala Desa manapun memotong anggaran honorarium KAUR atau pengurus lembaga mencapai 50%. Hal ini di ungkapkan Yosep Rizal anggota LSM GERAM kepada media ini, ” jika memang ada pemotongan honorarium pengurus lembaga atau staff yang di lakukan oleh Agusman Toni Kades Koto Lanang mencapai 50%, ini sudah masuk kategori pungli. Kita siap mendampingi orang – orang itu (pengurus lembaga – red) untuk melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian”. (cdr)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini