oleh

Kades Anduna Optimalkan Pengelolaan Dana Desa Dengan Baik Dalam Menjalankan Roda Pemerintahan

-Wisata-478 views

“Desa Maju Konsel Hebat”

SULTRA, Konsel – Kepala Desa Anduna, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara (Sultra).9/09/2018

Haris Polimbai S.sos.

Program Dana Desa memberi perubahan cukup signifikan bagi desa. Dana Desa terbukti efektif membangkitkan semangat masyarakat dalam membangun desa.

Pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD)  benar benar berasal dari anggaran APBN yang di luncurkan oleh Pemerintah pusat untuk di tiap – tiap desa.

Haris Polimbai mengungkapkan dengan adanya DD semoga bisa sesuai apa yang disampaikan kepada masyarakat, dengan adanya tambahan ADD. Kades ingin menggali agar DD ditingkatkan dengan baik secara transparan agar dapat mengurangi angka kemiskinan khususnya di Desa Anduna.

“Dengan adanya Dana Desa, semoga pembangunan Desa Anduna bisa optimal, dan bisa mengurangi angka kemiskinan. Jadi, untuk membangun daerah pedesaan harus diterapkan agar mereka bisa maju untuk kedepannya sehingga masyarakatnya dapat hidup dengan makmur. Tahap ketiga untuk kinerja sumur gali, di kelola oleh ketua TPK Imran Lamalu, menjadi beberapa item. Yakni sarana air bersih di tiga titik dan penampungan terbagi ke rumah-rumah penduduk. Desa Anduna berada di wilayah Kades Anduna Mata Air jumlah KK 270, wajib pilih 266, jumlah jiwa 998,” ujarnya

Lanjutnya, untuk pembangunan desa bisa di mulai dari sektor pertanian yang akan menjadi sumber daya yang ada di setiap desa. Sukses desa yang membangun badan usaha para warga desa mampu menghidupkan ekonomi lokal.

Upaya untuk mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat desa di bidang ekonomi dalam menyediakan basis dukungan finansial terhadap rakyat miskin,  dan mendorong ekonomi desa dalam arti luas. Menciptakan kegiatan yang membuka akses produksi dalam pengelolaan agar berkembang,

dalam rangka membangun desa dan mewujudkan pemerintah yang baik, sebagai konsensus yang di capai pemerintah dalam menyelenggarakan  pemerintah yang baik dan bertanggung jawab,” pungkasnya (Susi susanti.S.Kom)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini