oleh

GEMPA DI PADANG SIDEMPUAN

GEMPABUMI TEKTONIK M=3,2 DIRASAKAN DI PADANGSIDEMPUAN, SUMATERA UTARA

Warta pos Group.co.id – Hari Kamis, 7 Desember 2017 pukul 23.57.51 WIB, terjadi gempabumi di wilayah sekitar Padangsidempuan. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3,2 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,50 LU dan 99,35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Timur Laut Padangsidempuan, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Dampak gempabumi yang didasarkan kepada laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Padangsidempuan mengalami goyangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI. Gempabumi ini hanya tercatat oleh alat dan hanya beberapa orang saja yang merasakannya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal. Dan berdasarkan karakteristik sinyal gempabumi menunjukkan jenis gempabumi tektonik yang diduga akibat aktivitas sesar lokal dekat zona sesar sumatera.

Hingga pukul 02.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidempuan dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.*

Medan,7 Desember 2017
Kepala BBMKG Wilayah I

Edison Kurniawan,S.Si, M.Si.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed