oleh

GALIAN C CEMARI SUNGAI BATANG MERAO

Ketinci – Maraknya galian C di Siulak deras kec. gunung kerinci kab.kerinci prov Jambi di duga “Tidak lagi memperhatikan kesehatan dan ekosistem lingkungan disekitarnya.

Pengelola galian C mendapatkan untung sebesar-besarnya dan memperkaya diri pribadi dengan mengerok bukit dan sungai yang membentang di hamparan sungai tuak, siulak deras.

Hal itu terbukti telah terjadi pencemaran lingkungan ke sungai Batang merao, itu terbukti jelas dari pertemuan 2 anak sungai di Batang merao yang mengalir kearah muara danau kerinci.

Fenomena alam ini terjadi di pertemuan anak sungai pangkalan jembatan Siulak deras terjadi aliran air, 2 warna yang sangat mencolok.

Adapun sungai yang mengalir dari desa siulak tenang bewarna bening menuju aliran danau kerinci, lain lagi dengan warna air yang mengalir dari desa siulak deras mudik dan kel. siulak deras mengalir lamban airnya kuning kecoklatan,”tak ubah seperti kuah kolak” di duga peristiwa ini sudah lama terjadi, hingga mengancam habitat hewan yang ada di sepanjang batang merao kata warga kepada wartawan (25/06) lalu.

Sementara itu IMT (45th) warga Siulak deras mengatakan galian C berlokasi di muara sungai tuak perlu di pertanyakan izin operasionalnya, kami sebagai warga sangat ragu dengan pihak pengelola galian C karna di duga tidak mengindahkan lingkungan lagi.

Ditambahkan IMT (45) kita lihat saja dengan kasat mata dan fakta, aliran 2 sungai yang berhimpitan (pangkalan Siulak deras) terlihat seolah olah 2 jenis air yang berbeda warna. Inilah salah satu bentuk pencemaran lingkungan dilanjut IMT perlu jdi perhatian kita semua dan tanggung jawab pemerintah daerah untuk menertibkan galian C yang ada di kab.kerinci.

Lebih jauh IMT tantang wartawan koran ini (24/06) lalu untuk mengadakan cek & ricek pencemaran lingkungan yangterjadi itu, penyebabnya bermuara dari sungai tuak telah terjadi pengerokan besar-besaran baik di tengah aliran sungai tuak, maupun dinding/tebing bukit yang ada di sekitar desa siulak deras mudik.

Investigasi lapangan (24/06) wartawan koran ini sempat di cegat oleh oknum mandor (karyawan)”aquari” sebut saja nama nya gusmanudin, ia berujar kepada wartawan di lokasi galian C dengan nada tinggi ia pun mengatakan, kalau mau masuk kesini dan mengambil gambar kata gusmanudin anda harus melapor dulu Dengan saudara bahari (p.nay) di duga adalah anggota Koramil 01 kec.gunung kerinci kata gusmanudin sambil menunjuk kearah basecamp dengan nada tinggi.

Anehnya lagi wartawan koran ini bergegas menuju basecamp (24/06) tidak disodori “buku tamu” malah di basecamp galian C yang berlokasi di sungai tuak itu lagi duduk santai seorang oknum anggota dewan dari DPRD kerinci diduga ketua komisi 3 DPRD kerinci, tidak masuk dinas dan diduga ini adalah orang kuat di balik pemilik galian C “yang berlokasi di muara sungai tuak”#Laporan marhen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini