oleh

Ekonomi dan Pendidikan Terganggu, Jalan koto Tuo, Sungai Dalam dan Danau Tinggi Rusak Parah

Kerinci – Transportasi adalah proses pengangkutan atau pemindahan manusia, barang, dan hewan menuju suatu tempat dengan bantuan kendaraan jum”at 25/09/2020.

Tanpa ada jalan sebagai prasarana transportasi, kendaraan tidak bisa berjalan, maupun transforstasi jalan yang rusak atau tidak memadai bagi masyaratakat. transportasi juga berperan sebagai media yang bisa mengembangkan pembangunan di kawasan tertentu. Dibidang ekonomi sendiri transportasi juga sangat berperan penting. Karena transportasi bisa dijadikan sebagai media pendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi nasional, lewat bisnis angkutan umum kepada masyarakat setempat yang membutuhkan akomodasi khusus ke suatu tempat.

Apa jadinya transfortasi pada suatu daerah, kecamatan dan desa tidak lagi mendukung bagi kendaraan untuk di lewati.

Seperti yang disampaikan oleh warga desa setempat Hengki Spora kamis (24/09) mengatakan bahwa jalan di tiga desa yaitu koto Tuo, Sungai Dalam dan Danau Tinggi saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

“Jalan ini di lalui anak sekolah setiap hari berlobang lobang, terpaksa orang tua wali muridnya mengantar, padahal jalan ini jalan umum akses jalan ini mengeluarkan hasil tani perekonomian masyarakat tiga desa. sayur mayur, cabe, kentang dan hasil pertanian lainnya seperti kulir manis.” Ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, semenjak ke pemimpinan Bupati Adi Rosal jalan ini kurang diperhatikan, sekarang.masyarakat 3 desa ini mintak pada Bupati kerinci Adirosal tolong perhatikan jalan ini.

“Kasian masyarakat anak – anak sekolah sering telat kesekolah karna harus menunggu orang tua wali murid mengantarnya, walaupun tidak diantar kondisi jalan tidak memungkinkan, bisa bisa kecelakaan, selain itu jalan ini juga satu satunya akses sebagai transfortasi sumber perekonomian masyarakat, yang jelas saat ini ekonomi dan pendidikan di tiga desa ini terganggu” pungkasnya.

Manfaat transportasi adalah terbagi 4 bagian, yaitu secara ekonomi, sosial, kewilayahan, dan politis. Manfaat transportasi secara ekonomi bisa dilihat dari sebagian besar kegiatan masyarakat tentunya tidak bisa lepas dari transportasi saat memindahkan barang, hewan, dan manusianya sendiri. Itu artinya setiap transaksi ekonomi jika tidak dilengkapi transportasi akan berjalan lambat.

Sedangkan manfaatnya dibidang sosial adalah karena manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, sehingga dengan hadirnya transportasi akan memudahkannya dalam melakukan interaksi terhadap orang lain.

Beberapa manfaat dibidang sosial adalah menjadi sarana pelayan masyarkat, memudahkan pertukaran informasi setiap daerah, mempercepat perpindahan manusia ke suatu tempat, dan membuka peluang bisnis. (Jo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini