oleh

Dua Benda Diduga Granat Bebas Ditemukan Dialokasi PT.BIP Ujung Batu

Rokan Hulu | Penemuan Benda/Barang Yang Diduga Granat Nenas Pada hari Sabtu tanggal 21 April 2017 sekitar pukul 14.30 Wib Bertempat di PT. Batu Inti Perkasa KM 5 Desa Ujung Batu Timur ( dua ) buah benda yang Diduga Granat Nanas Dalam Kondisi Berkarat,menarik perhatian warga dan Karyawan PT BIP setempat.

Penemuan dua benda diduga granat bebas tersebut ditemukan oleh dua orang pegawai PT.BIP ujung batu Rokan hulu Riau,yakni, Hendri, 27 Th, Security PT. Batu Inti Perkasa, Dusun Sei Teriak, Desa Suka Damai, Kec. Ujung Batu,dan Dede Heriyanto, 19 Th, Karyawan PT. Batu Inti Perkasa, Desa Muara Rumbai, Kec. Rambah Hilir.

Berdasarkan informasi dari kepolisian menyebutkan,Bahwa dua benda diduga granat tersebut ditemukan di lokasi yang sama dengan dua waktu yang berbeda yakni, penemuan pertama pada hari Sabtu tanggal 14 April 2018 sekira pukul 14.00 Wib bertempat di Lokasi Proses Penyaringan Batu PT. BIP Sdr. Dede Heriyanto melihat 1 ( satu ) buah benda besi yang berada di tumpukan batu saat penyaringan, kemudian Sdr. Dede Heriyanto mengambil benda tersebut dan meletakkan benda tersebut ke ruang panel.

Sementara penemuan benda diduga granat yang kedua kali nya yaitu

Pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018 sekira pukul 07.30 Wib bertempat di penyaringan batu PT. BIP Sdr. Dede Heriyanto kembali menemukan 1 ( satu ) buah benda berupa besi yang berada di tumpukan penyaringan batu, kemudian Sdr. Dede Heriyanto mengambil benda tersebut dan membawa ke Pos Security.

Sebelum benda tersebut dilaporkan kepada pihak Babinsa dan Personil Polsek Ujung Batu, benda berupa besi tersebut telah digosok oleh Security Sdr. Hendri untuk dibersihkan, kemudian melihat bentuk benda tersebut menyerupai bom (granat nanas), kemudian security PT. BIP mengubungi Bhabinsa Ujung Batu Kopda Musriadi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Sdr. Dede Heriyanto menghubungi Kopda Musriadi bahwasanya ada 2 ( dua ) buah benda berupa besi yang ditemui di penyaringan batu milik PT. BIP, kemudian Sdr. Kopda Musriadi tiba di PT. BIP dan melihat benda tersebut diduga Granat Nanas, kemudian Kopda Musriadi menghubungi Panit I Intelkam Aiptu J. Pardede.

Selanjutnya Panit I Intelkam Polsek Ujung Batu beserta anggota tiba di PT. BIP dan melihat benar adanya 2 buah benda yang diduga granat nanas dan terhadap benda tersebut saat ini diamankan dengan dimasukkan ke dalam ember plastik yang berisikan pasir di area PT. BIP

Selanjutnya Kapolsek Ujung Batu melaporkan kepada Kapolres Rokan hulu dan berkoordinasi dgn Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau.

Langkah Penanganan atas  temuan 2 ( dua ) benda yang Diduga Granat Nanas di PT. Batu Inti Perkasa KM 5 Desa Ujung Batu Timur, Kec. Ujung Batu oleh Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau.

Pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018 sekitar pukul 22.15 Wib Bertempat di PT. Batu Inti Perkasa KM 5 Desa Ujung Batu Timur Kec. Ujung Batu Telah Tiba 4 Personil Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau yang Dipimpin oleh Iptu Suhartono Sesuai Dengan Surat Perintah Tugas Kasat Brimob Polda Riau Nomor : Sprin / 296 / IV / PAM.3 / 2018 tanggal 21 April 2018 Dalam Rangka Melaksanakan Sterilisasi dan Penanganan Adanya Temuan Berupa Granat di Kec. Ujung Batu Wilayah Hukum Kepolisian Resor Rokan Hulu.

 

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Personil Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau di TKP yang dipimpin oleh Iptu Suhartono melakukan penanganan 2 ( dua ) buah benda yang di duga granat nanas dari TKP areal PT. BIP dan benda tersebut dimasukan ke dalam alat khusus ( alsus ) yang dibawa oleh Personil Brimob Polda Riau, kemudian benda berupa granat nanas tersebut diamankan ke dalam Mobil Dinas milik Sat Brimob Polda Riau.

Setelah dilakukan penanganan dan sterilisasi terhadap benda tersebut, kemudian personil Sat Brimob Polda Riau kembali menuju ke Mako Sat Brimob Polda Riau – Pekanbaru.

Giat penanganan dan sterilisasi dihadiri dan disaksikan oleh Kapolsek Ujung Batu Kompol Arvin Hariyadi, SIK,

Kapolsek Ujung Batu Kompol Arvin Hariyadi,Sik,beliau ini sebelum menjadi kapolsek ujung batu beliau berdinas di sat brimobda riau,dan

4 (empat) personil Sat Brimob Polda Riau, Panit I Intelkam Aiptu J. Pardede, Bhabinkamtibmas Desa Ujung Batu Timur Bripka Alif Firdaus, Pimpinan PT. BIP Bpk. Andre, Personil Polsek Ujung Batu sebanyak 7 orang Dan disaksikan 5 (lima) karyawan PT. BIP.

Langkah – langkah yang dilakukan atas temuan tersebut yaitu,

(1).Mendatangi TKP di area PT. BIP, Melakukan pengamanan lokasi area PT. BIP, Mengamankan benda diduga granat nanas ke dalam lubang tanah (jauh dari jangkauan karyawan),  Memasang garis police line di lokasi/tempat benda diduga granat nenas diamankan, Mencatat saksi – saksi, Membuat laporan.

(2). Penanganan pada saat Personil Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau tiba ,4 (empat) Personil Tim Jibom Sat Brimob Polda Riau melakukan Cek TKP, Personil Sat Brimob Polda Riau melakukan penanganan dan pengamanan terhadap benda diduga granat nanas ke dalam alat khusus (alsus) mil

Penulis : Assep

Editor    : D. Efendi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini