oleh

Dinas Pertanian Tuba Belum Mengetahui Luas Lahan yang Puso

Tulang Bawang. Wartaposgroup.co.id Dinas Pertanian Tulangbawang mencatat 1727 haktare lahan sawah di wilayah setempat terendam banjir. Namun, hingga saat ini dinas terkait belum dapat memastikan jumlah luas lahan yang mengalami gagal panen atau puso.

Kepala Dinas Pertanian setempat Sumarno mengatakan, hingga saat ini belum dapat memastikan berapa jumlah lahan sawah yang mengalami puso. Ia mengaku dirinya belum menerima data dari PPL dan PUPT, karena masih memantau perkembangan banjir. Dia menjelaskan lahan sawah terluas yang terendam banjir terdapat di Kecamatan Dentetelas di Kampung Pasiranjaya dan Pemdowoasri 1523 ha, Kecamatan Rawapitu di Kampung Panggungmulya dan Gedungjaya 70 ha, dan 134 ha sisanya di Kecamatan Menggala Timur. “Total ada 1727 haktare sawah yang kerendam.

Tapi kalau untuk yang mengalami fosu belum bisa kita pastikan. Kita tunggu hasilnya lima hari kedepan, kalau masih enggak surut bisa fuso,” kata Sumarno kepada Wartaposgroup.co.id di ruang kerjanya, Senin (27/3/2018).

Dia menuturkan ketika data lahan sawah sudah diperoleh, pihaknya akan segera mengusulkan benih cadangan. “Nanti kalau lahan sawah sudah terdata. Kita akan segera ajukan ke provinsi untuk mendapatkan cadangan benih nasional (CBN) atau cadangan benih daerah (CBD),” kata dia. Selain itu.

lanjutnya, di Kecamatan Rawapitu ada puluhan hektare lahan sawah masyarakat terpaksa dipanen dini. “Ada 38 ha sawah petani di Kecamatan Rawapitu terpaksa dipanen lebih awal. Otomatis kalau panen dini seperti itu mengurangi jumlah produktifitas hasil,” ujarnya.(feri17A)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed