oleh

Dharmasraya Kembali Raih LPPD Terbaik Sumbar

Dharmasraya — “Alhamdulillah”. Kalimat itu sontak keluar dari mulut Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, ketika mendengar Tim Evaluator EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Qadriansyah, membeberkan hasil sementara evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2018, bertahan di peringkat pertama untuk regional Sumatera Barat.

Sesaat kemudian, apa yang disampaikan tim evaluator dalam Rapat Koordinasi EKPPD yang digelar di Aula Lantai II Kantor Bupati Dharmasraya, pada Jum’at (18/10/2019), itu juga disambut tepuk tangan segenap peserta rapat.

Betapa tidak, bukan sekedar mempertahankan posisi pertama, capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2018 yang dijabarkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), dikatakan tim evaluator juga ikut meningkat nilainya dari tahun-tahun yang lali. Hal ini tentu menunjukan semakin baiknya kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang terus menunjukkan trend positif dalam capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah,” aku Qodri. Meskipun tidak menyebutkan angka pasti capaian nilai yang diraih oleh Dharmasraya, namun diakui Qodri nilai LPPD Kabupaten Dharmasraya tahun 2018 meningkat cukup signifikan.

Namun demikian, kata Qodri, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting tim evaluator yang perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, guna penyempurnaan laporan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun berikutnya. Terlebih, sebut Qodri, laporan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun ini mengalami perubahan. Dimana LPPD juga akan mencakup laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) serta Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Jadi tiga laporan itu digabung menjadi satu dalam LPPD. Bagaimana teknis pelaksanaannya, kita masih menunggu peraturan dari Kementerian Dalam Negeri,” terang Qodri.

Sementara itu, Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, yang sengaja hadir untuk memimpin rapat koordinasi tersebut mengaku bersyukur atas capaian Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang berhasil mempertahankan nilai LPPD sebagai yang terbaik di Sumbar.

“Kita tentu patut bersyukur dan berbangga atas hal ini. Semoga daerah kita ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain,” ujar Wabup.

Namun begitu, wabup meminta segenap jajaran perangkat daerah tidak terlena dengan hasil yang telah dicapai. “Apa-apa yang menjadi catatan tim dari provinsi, agar segera ditindaklanjuti. Apa yang perlu dibenahi, segera benahi, demi penyempurnaan capaian kinerja penyelenggraan pemerintahan di daerah kita,” tegas wabup.

Adapun, rapat yang dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, itu turut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, M. Yusuf, Kepala Perangkat Daerah, serta para Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Dharmasraya.(Supri/Rosa/Hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini