oleh

Pemdes Kota Raya Jelaskan Alasan Penebangan Sawit Warga

banner 728x90
ROKAN HULU l wartaposgroup. co. id.  -Penebangan sawit warga di area Tanah Desa yang dilakukan oleh Pemdes Kota Raya  Kecamatan Kunto Darusalam Kabupaten Rokan Hulu beberapa waktu menuai polemik.
Pasalnya, warga menolak sawit mereka di tebang, padahal wacana penebangan sawit yang dilakukan oleh Pemdes Kota Raya sudah melalui musyawarah Desa yang bertempat di Kantor Desa Kota Raya.
Penebangan sawit warga di tanah desa bertujuan untuk pengembangan budi daya palawija yang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Saat penebangan berlangsung ada beberapa orang warga Desa Kota Raya, yang menolak sawitnya di tebang dengan alasan mereka inginkan ganti rugi.
Melihat fenomena ini awak media wartaposgroup Rokan Hulu langsung turun kelapangan menemui Kepala Desa Kota Raya untuk mengkonfirmasi terkait adanya penolakan penebangan dan ganti rugi yang diminta oleh beberapa orang warga atas penebangan sawit di lahan milik Desa yang dilakukan oleh pemdes Kota Raya Kecamatan Kunto Darusalam.
Sumiran, Kades Kota Raya saat di kompirmasi, tentang adanya penolakan penebangan dan ganti rugi yang diminta masyarakat mengatakan bahwa memang ada warga yang sawitnya berlokasi di tanah Desa di tebang terus minta ganti rugi kepada pihak Pemdes, tapi tidak di tanggapi di karenakan hal tersebut sudah melalui hasil musyawarah.
“pembersihan lahan milik Desa Kota Raya sudah melalui musyawarah, dan tidak ada anggaran untuk bayar ganti rugi sawit warga.” ungkap kades sumiran.
Lebih lanjut dia (kades-red) mengatakan bahwa pembersihan lahan milik Desa Kota raya bertujuan untuk pengembangan budi daya palawija yang nantinya akan di kelola oleh BUMDES, yang melibatkan seluruh masyarakat.
“Untuk penanaman palawija dilahan milik Desa seluas lebih kurang 10 ha, nanti akan di kelola oleh BUMDES, kita menghimbau seluruh masyarakat Desa Kota Raya agar bersama – sama membudidayakan palawija agar perekonomian masyarakat lebih baik.” ungkap Kades. (ASEP/safari)
banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini