oleh

Bupati Rohul Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

banner 728x90

ROKAN HULU – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Rohul, di Halaman Kantor Bupati Rohul, Sabtu (1/6/2019).

Upacara hari lahirnya Pancasila ke- 74 tahun 2019 diikuti unsurTNI,dari Kodim 0313/KPR, Polri, Satpol PP, Korpri, Dinas Perhubungan sertaBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Sekda Rohul H Abdul Haris S Sos, M Si, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Rohul, Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Rohul

Upacara yang berlangsung khidmat, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Kemudian pembacaan Teks Pancasila Bupati Rohul H Sukiman, diikuti seluruh peserta upacara, selanjutnya, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945oleh Erinaldi SH, Kasubag Hukum Setdakab Rohul, bertindak Sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Anang Perdana S STp Camat Kabun.

H Sukiman,membacakan Pidato Kepala BPIP menegaskan upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk kali ini meneguhkan komitmen bersama agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai Idiologi Bangsa merupakan Anugrah bagi bangsa dan Negara, Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan setiap hari, kitaBerusaha mengenang momentum sejarah sehingga sebagai bangsa yang besar kita tidak akan meninggalkan sejarah para pendahulu kita .

“Memperingati hari Lahir Pancasila merupakan satu Kebanggaan bagi Bangsa Indonesia,Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi, kita Indonesia, kita Pancasila, “
tegasnya.

Selain itu Presiden RI Jokowidodo menekankan Bangsa Indonesia baik TNI, Polri, ASN dan masyarakat sipil harus tetap menjunjung tinggi komitmen untuk senantiasa mempertahankan ideologi Pancasila, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang diawali dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Sukarno dan tertuang dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final dalam Pembukaan UUD 45 tanggal 18 Agustus 1945.

(Asep/h halawa)

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini