oleh

Bupati Dan Wakil Bupati Tulang Bawang Mulai Buktikan Janji

” 25 program unggulan yang dijanjikan di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil “

Bupati Tulang Bawang Winarti – Hendriwansyah telah diakomodir dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2018 – 2023 dan secara bertahap mulai direalisasikan pada tahun 2018.

Bupati Tulang Bawang Winarti, dalam pembukaan Forum Musrenbang menyampaikan bahwa Forum Musrenbang sangat fundamental dan strategis, karena tantangan kedepan yang dihadapi akan semakin berat dan kompleks.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap bekerja keras dan juga memastikan aktivitas yang di rancang Perangkat Daerah harus dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tulang Bawang.

Disamping itu, ia mengajak semua pihak untuk tetap berkomitmen membangun Kabupaten Tulang Bawang ini sebagai wahana bersama untuk berbuat kebaikan dan menata masa depan Tulang Bawang, yang lebih baik lagi sesuai motto “ Bergerak Melayani Warga (BMW) ”.

Dalam kerangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2019, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

(1) Perangkat Daerah harus menyusun target pencapaian kinerja yang jelas, dan terukur dengan merumuskan serta mengembangkan program-program unggulan yang dapat mendorong peningkatan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Serta memperhatikan Visi, Misi, dan Program Prioritas yang menjadi agenda Pemerintahan.

(2) Pembangunan infrastruktur wilayah yang menjadi aspirasi sebagian besar masyarakat, selain anggarannya terus kita ditingkatkan agar juga memperhatikan asas pemerataan dan fungsi kemanfaatannya.Sehingga dapat menjadi lokomotif pengembangan wilayah dan pemanfaatan potensi perekonomian, serta meningkatkan kualitas lingkungan dan permukiman masyarakat.

(3) Pada bidang Pendidikan, agar diarahkan untuk semakin memperkecil ketimpangan kualitas pendidikan antar wilayah.

Serta peningkatan mutu dan daya saing SDM.

(4) Di bidang kesehatan, ke depan agar terus diprioritaskan kearah peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan serta peningkatan pemberdayaan masyarakat untuk mandiri hidup sehat.

(5) Pada sektor pertanian, harus “mempertahankan posisi Tulang Bawang sebagai lumbung pangan”

Dan tingkatkan terus produktivitas komoditas pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan dengan meningkatkan kemampuan budidaya, dukungan sarana produksi, infrastruktur irigasi yang memadai, serta optimalisasi kinerja penyuluh.

(6) Pada sektor ekonomi kerakyatan, agar pemberdayaan Bumdes, UMKM serta usaha-usaha berbasis pedesaan lainnya terus ditingkatkan melalui inovasi teknologi tepat guna sebagai instrumen efisiensi dan peningkatan kualitas produk, peningkatan akses dan jangkauan pemasaran, peningkatan mutu produk, serta peningkatan fasilitasi akses permodalan.

(7) Dalam Konteks Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pelestarian Lingkungan Hidup agar dikelola seoptimal mungkin, dengan mendorong keterlibatan masyarakat serta dunia usaha dalam pengelolaan dan pelestariannya.

(8) Pada aspek Pemerintahan, agar dapat terus ditingkatkan pembinaan Profesionalisme Aparatur, dan Kualitas Pelayanan Publik.

Keberhasilan Kinerja Pembangunan tidak hanya ditentukan oleh Besaran Jumlah Program/Kegiatan yang dapat dibiayai dari APBD Tulang Bawang, namun juga ditentukan oleh Peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah. Oleh sebab itu, peran serta masyarakat harus didorong dan ditingkatkan, salah satunya terus meningkatkan pembangunan dengan pola-pola partisipatif dan gotong royong, menuju Tulang Bawang yang Aman, Mandiri dan Sejahtera. (feri17a).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini