oleh

BONGKAR.! PEKERJAAN PERPIPAAN DAN ACC PU&PR JAMBI – KERINCI DIDUGA SARAT PENYIMPANGAN

Kerinci- Jambi ∣Penelitian demi penelitian banyak disimpulkan kerusakan rumah/gedung dan jaringan air bersih (perpipaan) pasca gempa sebahagian besar terdapat dari cacat konstruksi dan metoda pelaksanaan konstruksi yang tidak memenuhi SNI. Kesalahan dalam pemakaian kelas pipa, pemakaian pasir urugan dan jenis pipa yang tidak memenuhi mutu rencana 03/12/2019

Sangat perlu diperhatikan, dalam gambar rencana selalu terdapat pasir urug setinggi ±10-15 cm dibawah pondasi, dapat diulang fungsi utama pasir urug tersebut adalah untuk menstabilkan permukaan tanah dan menyebarkan beban, beban yang dimaksut salah satunya adalah beban gempa.

Secara bahasa awam (non teknik) pasir tersebut memiliki sifat gaya gesek (kohesi) yang sangat kecil, sehingga sebagai fleksibilitas dari keseluruhan pipa tersebut jika terdapat beban gempa akan menyelaraskan semua permukaan sesuai irama beban tersebut, menjadikan daya  fleksibilitas tidak kaku dan mengikuti gaya veritkal beban yang diterima.

Secara logika, jika pondasi bangunan kaku (tanpa pasir urug) dan dapat dicontohkan dengan diberi sedikit beban vertikal yang dierima akan menimbulkan patahan dan retak dari struktur tersebut, dikarenakan fungsi struktur tidak kuat menerima beban tarik yang berulang (gempa)

Begitu pula dengan kegiatan : Penyediaan pengelolaan air minum dan destribusi jaringan air bersih, Pekerjaan : Pengadaan dan Pemasangan Jaringan pipa ME + Aksesoris kab. Kerinci tahun 2019. Saat ini di duga asal di kerjakan dikarenakan tidak di berikan pasir urugan, yang sangat fatal akan daya tahan usia pakai.

Pekerjaan Urugan dan Pemadatan 282.60 M3 ini dipertanyakan oleh public, ini adalah kerugian nyata bagi Negara, kepatalan daya tahan dan usia jaringan pipa dengan kerawanan gempa di kabupaten kerinci.

Hal ini, dapat di katogori tindak dugaan pengilanagan item pekerjaan dan matril serta mobilisasi (pemadatan) juga terpantau tidak di pasangkan papan keterangan proyek di lokasi pekerjaan.

Diminta, pihak dinas pekerjaan umum dan penataan ruang provinsi jambi agar benar benar dapat bekerja. Baik itu pihak teknis dan pihak komitmen yaitu Agung Yuanda ST MSi, (PPK), Fikri Abdillah ST (PPTK) agar membongkar kembali pekerjaan Pengadaan dan Pemasangan Jaringan pipa ME + Aksesoris kab. Kerinci tahun 2019 kecamata kayu aro kabupaten kerinci, demi upaya pencegahan tindak pidana korupsi dan disinyalir pekerjaan ini mengunakan anggaran negara Miliaran rupiah (Dn/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terkini